Sabtu, 24 Maret 2012

Bu Ema Pembudidaya Tanaman Hias




Tanjungpinang – Budidaya merupakan proses usaha pemanfaatan suatu makhluk hidup untuk mencapai hasil multi guna. Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang baik untuk dibudidayakan. Di setiap halaman rumah bagi setiap pecinta tanaman, tentu tampak bunga-bunga mengisi pekarangannya.
Ibu Ema (40) salah satu wanita yang membudidayakan tanaman hias dirumahnya jalan Wiratno No.68. Wanita yang memiliki dua anak ini merupakan pecinta tanaman hias. Aneka tanaman hias mengisi halaman rumahnya yang berukuran sempit itu. “Lumayan banyak tanamannya, seperti Bunga Anggrek, Mawar Aster, Cucak Rowo, Wijaya Kusuma, Melati Cina, Sedap Malam, Teratai dan masih banyak lagi.”
Sehari-harinya Ibu Ema berjualan di emperan kaki lima jalan Rawasari. Di balik kesibukannya, Ia masih menyempatkan diri untuk merawat tanaman-tanamannya. “Kalau menyiram bunga saya lakukan setiap sore atau habis maghrib.” Tuturnya. Untuk pemberian pupuk dilakukan Bu. Ema seminggu sekali berupa pupuk daun, dan pupuk bunga.
Pengetahuan Bu. Ema mengenai tanaman hias memang belum begitu banyak, tetapi Ia selalu mencari tahu jika ada tanaman hias yang merupakan spesies baru. Selain itu, Ia juga selalu mencari tahu bagaimana perawatan tanaman hias agar tidak mati, meski hal itu hanya diketahuinya dari cerita dan pengalaman teman yang juga suka membudidayakan tanaman hias.
Pembudidayaan yang dilakukan Ibu Ema semata-mata hanya ingin mengembangkan hobbinya saja. “Kalau untuk dijual nggak ah, sayang.” Tuturnya. Meski dihalaman rumahnya terpajang sekitar 22 jenis tanaman hias, Ia tak ingin menyibukkan diri dalam dunia usaha tanaman, cukup mengembangkan untuk hiasan saja sehingga berguna memperindah halaman rumahnya. (Agus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar